PELATIHAN MEMBATIK DALAM RANGKA HARI BATIK NASIONAL

Noviara Aji 19 Oktober 2024 11:19:27 WIB

BanguntapanNews – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Kalurahan Banguntapan menggelar pelatihan membatik bagi ibu-ibu perwakilan dari setiap padukuhan se-Kalurahan Banguntapan,  kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 14 - 18 Oktober 2024, bertempat di Gedung Kesenian Pringgolayan.

Pelatihan ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya batik sekaligus meningkatkan keterampilan dan kreativitas warga dalam bidang kerajinan. Selama pelatihan, peserta dipandu oleh mentor lokal, Bapak Ruwadi, yang juga merupakan warga Banguntapan. Proses yang diajarkan meliputi seluruh tahapan pembuatan batik, mulai dari menggambar pola di atas kain, mencanting, hingga pewarnaan dan finishing.

Salah satu peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat karena memberikan kesempatan untuk mengenal batik secara mendalam, serta pengalaman langsung dalam setiap langkah pembuatannya. "Kami sangat berterima kasih atas kesempatan ini. Selain dapat memperingati Hari Batik, kami juga mendapatkan keterampilan yang bisa dikembangkan menjadi usaha kreatif," ungkapnya.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat berbagi ilmu kepada warga lain, sehingga budaya batik terus berkembang dan lestari di Kalurahan Banguntapan. (Pry)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Video

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License