Wilayah Kalurahan Banguntapan

Noviara Aji 05 April 2023 09:54:52 WIB

WILAYAH KALURAHAN BANGUNTAPAN

Pembagian wilayah Pedukuhan  Kalurahan Banguntapan :

  1. Pedukuhan Tegaltandan terdiri dari  : 25    RT
  2. Pedukuhan Jaranan terdiri dari  : 14    RT
  3. Pedukuhan Jomblangan terdiri dari  : 12    RT
  4. Pedukuhan Wonocatur terdiri dari  : 27    RT
  5. Pedukuhan Karangjambe terdiri dari  : 16    RT
  6. Pedukuhan Karangbendo terdiri dari  : 18    RT
  7. Pedukuhan Sorowajan terdiri dari  : 20    RT
  8. Pedukuhan Plumbon terdiri dari  : 34    RT
  9. Pedukuhan Pelemwulung terdiri dari  :   7    RT
  10. Pedukuhan Pringgolayan terdiri dari  : 13    RT
  11. Pedukuhan Modalan terdiri dari  :   9    RT
  12. Lanud Adisucipto terdiri dari  : 17    RT

 

Wilayah Kalurahan Banguntapan terdiri dari 209 wilayah RT yang terbagi dalam 11 pedukuhan. Setiap dusun memiliki beberapa karakteristik dan potensi wilayah yang berbeda-beda antara lain:

  1. Dusun Tegaltandan

Dusun ini merupakan dusun yang terletak di bagian pertengahan dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 25 RT dan 5 RW dengan luas ± 94,7 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Dusun Plumbon disebelah utara dan Dusun Karangjambe, Sebelah Barat Kota  Yogyakarta, Dusun Jaranan di sebelah selatannya dan Dusun Jomblangan disebelah timurnya. Potensi unggulan Dusun Tegaltandan adalah bidang industri yaitu produksi makanan ampyang dan bakpia beserta industri tas rajut dan kerajinan lainnya, bidang kesenian berupa kesenian hadroh, karawitan, sholawat dan wayang kulit, bidang kegiatan lainnya yaitu senam sehat dan adanya kelompok wanita tani.

  1. Dusun Jaranan

Dusun ini merupakan dusun yang terletak di bagian Selatan dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 14 RT dengan luas ± 115,3 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Dusun Tegaltandan disebelah utara, Dusun Prnggolayan Sebelah Barat dan Dusun Modalan di sebelah selatannya. Potensi unggulan Dusun Jaranan  adalah bidang industri yaitu produksi kerajinan souvenir, bidang kesenian berupa kesenian , karawitan dan Keroncong, bidang olah raga adanya kegiatan badminton dan ping pong.

  1. Dusun Jomblangan

Dusun ini merupakan dusun yang terletak di bagian pertengahan dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 12 RT dengan luas ± 62,2 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Dusun Wonocatur disebelah utara dan Dusun Tegaltandan Sebelah Barat dan Kalurahan Baturetno di sebelah selatannya. Potensi unggulan Dusun Jomblangan adalah bidang industri yaitu produksi tahu tempe, bidang kesenian berupa kesenian hadroh, karawitan dan Sholawat, bidang olah raga adanya kegiatan pembinaan sepakbola.

  1. Dusun Wonocatur

Dusun ini merupakan dusun yang terluas wilayahnya dan terletak di bagian pertengahan sisi timur dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 27 RT dan 5 RW degan luas ± 137, 5 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Dusun Tegaltandan disebelah barat, Dusun Jomblangan sebelah Selatan, Kalurahan Baturetno sebelah timur dan disebelah utara komplek Lanud Adi Sucipto (TNI-AU). Potensi unggulan Dusun Wonocatur adalah bidang industri yaitu produksi batik replika patung, bidang kesenian berupa kesenian hadroh, karawitan, bidang olah raga adanya kegiatan bulutangkis. Potensi Unggulan yang lain adalah adanya situs Goa Siluman yang perlu dimaksimalkan dalam Pengelolaannya, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banguntapan umumnya dan warga Wonocatur pada umumnya.

  1. Dusun Karangjambe

Dusun ini merupakan dusun yang terletak di bagian utara dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 16 RT dan 3 RW degan luas ± 68,2 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Dusun Plumbon dan Dusun Sorowajan disebelah barat, Dusun Tegaltandan sebelah Selatan, Komplek AURI disebelah timur dan disebelah utara Dusun Karangbendo. Potensi unggulan Dusun Karangjambe  adalah bidang industri yaitu produksi batik, ukir kayu dan pemanfaatan daur ulang limbah, bidang kesenian berupa Jathilan dan hadroh. Bidang olah raga adanya kegiatan senam dan volley.

  1. Dusun Karangbendo

Dusun ini merupakan dusun yang terletak di bagian utara  dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 18 RT  dan 7 RW dengan luas ± 62,2 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Kalurahan Catur Tunggal disebelah utara dan Kota Yogyakarta Sebelah Barat, Dusun Sorowajan di sebelah selatannya dan Dusun Karangjambe disebelah timur. Potensi unggulan Dusun Karangbendo adalah bidang industri yaitu produksi makan dan souvenir, bidang kesenian berupa kesenian hadroh , karawitan dangrup musik, bidang olah raga adanya kegiatan bulutangkis dan tenis meja. Kegiatan lainnya yaitu kelompok senam.

  1. Dusun Sorowajan

Dusun ini merupakan dusun yang terletak di bagian utara dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 20 RT dan 4 RW dengan luas ± 61,3 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Kota Yogyakarta disebelah barat, Dusun Plumbon sebelah Selatan, Dusun Karangjambe sebelah timur dan disebelah utara Dusun Karangbendo. Potensi unggulan Dusun Sorowajan adalah bidang industri yaitu produksi jamu tradisional, bidang kesenian berupa tari-tari , karawitan , ruwahan dan mocopat, bidang olah raga adanya kegiatan bulutangkis, dan adanya kegiatan lomba burung berkicau.

  1. Dusun Plumbon

Dusun ini merupakan dusun yang terletak di bagian utara dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 34 RT dan 6 RW dengan luas ± 96,2 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Kota Yogyakarta disebelah barat,  Kota Yogyakarta sebelah Selatan, Dusun Karangjambe sebelah timur dan disebelah utara Dusun Sorowajan. Potensi unggulan Dusun Plumbon adalah bidang industri yaitu produksi tas, batik, jahe wangi diproduksi olehh kelompok wanita tani, pengolahan makanan  dan souvenir, bidang yaitu karawitan, hadroh , ruwahan dan  seni musik. Kegiatan lainnya yaitu adanya gelar budaya dusun setiap tahunnya.

  1. Dusun Pelemwulung

Dusun ini merupakan dusun yang terletak di bagian selatan dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 7 RT dengan luas ± 23,2 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Kota Yogyakarta disebelah barat,  Dusun Modalan sebelah Selatan, Dusun Pringgolayan sebelah timur dan disebelah utara Dusun Jaranan. Potensi unggulan Dusun Pelemwulung  adalah bidang industri yaitu produksi kerajinan kulit ikan pari, pruduksi peralatan drumband , industri minuman kopi luwak dan bidang kesenian yaitu hadroh.

  1. Dusun Pringgolayan

Dusun ini merupakan dusun yang terletak di bagian selatan dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 13 RT dengan luas ± 48,3 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Kota Yogyakarta dan Dusun Pelemwulung disebelah barat,  Dusun Modalan sebelah Selatan, Dusun Modalan sebelah timur dan disebelah utara Dusun Jaranan. Potensi unggulan Dusun Pringgolayan adalah bidang industri yaitu produksi emping, Souvenir, imitasi perhiasan kuningan dan onderdil motor, bidang kesenian yaitu jathilan , ketoprak dan srandul.

  1. Dusun Modalan

Dusun ini merupakan dusun yang terletak di bagian selatan dari Kalurahan Banguntapan. Terbagi dalam 9 RT dengan luas  ± 41,9 Ha. Dusun ini berbatasan dengan Kota Yogyakarta  dan Dusun Pringgolayan disebelah barat,  Kalurahan Wirokerten sebelah Selatan, Kalurahan Baturetno sebelah timur dan disebelah utara  Dusun Jaranan. Potensi unggulan Dusun Modalan adalah bidang industri yaitu produksi kerajinan  imitasi perhiasan,  bidang kesenian yaitu jathilan, ketoprak dan campur sari. Bidang oalahraga yaitu bulutangkis serta kegiatan latihan burung berkicau.

  1. Komplek Lanud Adi Sucipto

Komplek lanud Adisucipto merupakan wilayah yang masuk wilayah Kalurahan Banguntapan yang terdiri dari 17 RT dengan luas ± 25 Ha. Sebelah utara Dusun Wonocatur dan disisi barat Dusun Karangjambe.

Dokumen Lampiran : Wilayah Kalurahan Banguntapan


Video

Pengumuman

Masyarakat Kalurahan Banguntapan dimohon waspada akan adanya potensi bencana hidrometeorologi dikarenakan efek curah hujan yang sudah mulai tinggi.

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License